Risiko Tinggi Tidur Bersama Bayi

Tidur bersama bayi, buah hati, bagi kebanyakan orang tua boleh jadi merupakan sebuah kebahagiaan. Namun, sebuah penelitian di Glasgow University, mengungkapkan hal yang mengejutkan. Bayi yang tidur bersama dengan orang tuanya, menurut penelitian itu, berisiko tinggi mengalami cot death atau meninggal secara mendadak.

Selain itu, tertidur bersama bayi saat di sofa juga meningkatkan risiko cot death,” ujar Dr John McClure, chairman Scottish Cot Death Trust, demikian sumber idi menyebutkan. Saran itu tetap berlaku juga bagi ibu yang menyusui dan orang tua yang tidak merokok.

Tidur dengan bayi hanya boleh dilakukan ketika memberi makan atau meninabobokkan. ”Orang tua seharusnya tidak tidur dengan bayinya,” imbuh McClure. Tidak tidur dengan bayi, harus dilakukan pada tiga bulan pertama kelahiran. Selain itu, ia juga mengingatkan agar orang tua jangan sampai jatuh tertidur saat menggendong bayi di bangku. ”Saat anda mulai mengantuk, letakkan bayi di tempat tidurnya,” saran McClure.

Penelitian yang dilakukan Glasgow University berlangsung sepanjang tahun 1996 hingga 2000. Selama penelitian ini, pihak Scottish Cot Death Trust bertindak sebagai penyandang dana. Data penelitian, seperti dikutip BBC, didapat melalui penuturan 123 orang tua yang bayinya meninggal akibat cot death. ”Bayi yang umurnya di bawah 11 minggu dan tidur bersama orang tuanya memiliki risiko lebih tinggi mengalami cot death,” papar McClure mengungkapkan hasil penelitian.

Risiko cot death atau sudden infant death syndrome tidak berubah meski orang tua si kecil tidak merokok. Asupan Air Susu Ibu juga tak membuat bayi lebih tahan terhadap cot death. ”Temuan ini memberitahukan betapa besar risiko terjadinya meninggal mendadak pada bayi.” Pada enam bulan pertama, lanjut McClure, bayi semestinya tidur di boks bayi di kamar orang tuanya. Jika orang tua merokok, bayi tidak boleh tidur sekamar. ”Begitu pula kalau orang tuanya mengonsumsi alkohol atau sedang terlampau letih.”

Misterius

McClure mengungkapkan sebelum penelitian teranyar ini dilansir, cot death diduga hanya berpotensi terjadi pada bayi yang tidur dengan orang tua perokok. Kini, orang tua diminta untuk lebih berhati-hati mengingat penyebab cot death masih misterius. ”Jangan pernah tertidur saat mendekap bayi, meski sambil duduk sekalipun,” cetusnya. Meninggal secara mendadak umum dijumpai pada bayi yang baru berusia satu hingga empat bulan. 90 persen kasus menimpa bayi di berumur dibawah enam bulan. Kendati demikian, risiko cot death masih diperhitungkan hingga bayi genap setahun.

Cot death kerap terjadi, namun tidak selalu, pada waktu bayi tertidur. Biasanya, antara pukul 10 malam hingga 10 pagi, jam-jam tidur panjang. Meninggal mendadak lebih sering terjadi saat musim dingin. Risiko terjadinya cot death bisa dihindari dengan membiarkan bayi tidur terlentang, tidak membiarkannya kepanasan, menghindari tertutupnya kepala bayi, dan menanggalkan kebiasaan merokok bagi kedua orang tua. ”Cot death tak bisa dihindari tetapi risikonya bisa diperkecil,” tegas McClure. (cy)

Quoted from : Perempuan.com

2 Responses so far »

  1. 1

    mulandono said,

    Duh, gw biasa tidur sama anak gw… sedikit kurang sependapat sih… tapi bagaimanapun bisa menjadi concern bagi orang tua saat tidur bersama anaknya…

  2. 2

    dina050 said,

    Bukannya lu biasa tidur sendiri di Cilegon, Gus??
    Lu tidur ama anak syapa???
    Hihihihi….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: