Bobo dong, sayang…

bobo.jpg

Sudah pukul 21.00, mata Rama  (3 tahun) sudah mulai memerah, tapi gerakannya masih gesit saat mengajak susternya main lempar-lemparan bola. Nani, sang ibu, dari Pondok Indah berulang kali mengingatkan Rama untuk tidur, tapi jawaban si kecil selalu sama, “Aaa…sebentar lagi, dong, Ma.”

Pernah mengalami peristiwa serupa dengan si kecil Anda? Lama-lama, mungkin Anda  jengkel juga kalau dia tak kunjung mengindahkan peringatan Anda. Apalagi  susternya pun sudah  terlihat lelah dan mengantuk. Pasti bertambah pula kekhawatiran Anda, jangan-jangan si suster jadi kurang hati-hati saat menjaga si kecil.

Sabar…jangan buru-buru ngomel panjang lebar, atau menyerah untuk membantu si kecil segera merem dan menikmati waktu tidurnya. Mudah-mudahan tip ini berguna untuk Anda:

  • Temani anak sejenak (bukan susternya) sampai tertidur. Anak butuh rasa aman sebelum tidur. Meski Anda wanita karier yang sudah sangat lelah saat tiba di rumah, sempatkan untuk mengajak anak-anak ngobrol sebelum mereka terlelap.
  • Berikan cukup waktu bagi si kecil untuk menikmati saat-saat menyenangkan bersama Anda. Jika belum, cobalah lebih sering pulang kantor lebih awal. Jika Anda ibu rumah tangga yang sibuk, tinggalkan segala tetek bengek urusan rumah yang belum selesai, untuk benar-benar menikmati kebersamaan dengan anak. Rasa nyaman yang dirasakan si kecil niscaya akan menjadi ‘pil tidur’ yang mujarab. 
  • Temukan kapan ia benar-benar lelah, dan kenali tanda-tanda ia siap untuk pergi tidur. Anak Anda mungkin memiliki kebiasaan mengusap-usap ujung bantal, mengelus-elus rambut Anda, mengelus ujung telinganya, atau bahkan mengambil posisi nungging.
  • Matikan lampu kamar yang terang, dan ganti dengan lampu tidur yang lebih temaram di sudut kamar. 
  • Matikan TV di kamar bila masih menyala, suasana yang tenang akan mempercepat si kecil terlelap.
  • Setel lagu kesayangan anak bila waktu tidur yang Anda tentukan tiba. Ini bisa memberi sinyal padanya, hari sudah larut dan semua harus segera tidur.

Nah, bila ia tetap membandel dan tak juga kunjung tertidur, Anda mesti bertanya apakah tidur siangnya tadi terlalu lama. Jika waktu tidur siangnya teramat panjang dan dia baru bangun menjelang senja, pasti butuh waktu yang lebih lama hingga dia mengantuk lagi. Jadi, kali ini berikan saja toleransi padanya untuk tidur agak larut. Yang penting, ia memenuhi kebutuhan waktu tidurnya, yang setidaknya 8 jam itu.

www.parenting.com

5 Responses so far »

  1. 1

    utti said,

    yang tidur minimal 8 jam itu buat anak brp tahun ya? ada yg tahu?? anakku akhir-akhir ini jg tidurnya malam (sekitar jam 9 baru bs tidur), gara-gara tidur siangnya lama kali ya?? ada yg punya info ttg cari tahu tidurnya anak cukup/enggak n efeknya klo tidurnya kurang apa ya??🙂

  2. 2

    anakuya said,

    @ mommy utti…

    ini ada jawaban quoted from http://bibilung.wordpress.com

    ” Lama tidur ideal bayi, menurut studi itu, tak bisa disamaratakan. Pada bulan-bulan pertama tidur bayi bisa mencapai 16 jam. Lama jam tidur ini berangsur-angsur akan berkurang seiring bertambahnya usia.”

    “Semakin bertambah umur anak, akan semakin berkurang jam tidurnya. Bahkan, ketika anak mencapai usia 5 tahun, jam tidur mereka hanya berkisar antara 8 hingga 10 jam.”

    Tidur penting banget buat perkembangan otak, memberi kesempatan untuk mengistirahatkan tubuh, meningkatkan proses metabolisme, yakni proses pengolahan pangan menjadi energi yang dibutuhkan.

    Semoga terjawab pertanyaannya…

    Sebaiknya bayi dibiasain tidur teratur. Bisa dipake cara2 di atas…

  3. 3

    vickytp said,

    1 bulan pertama.. tidurnya 2 jam sekali… ampuuuun deh… heehehe

  4. 4

    dina050 said,

    ntar kalo udah setaonan, bobonya siang cuma 2 kali sehari…
    itu juga minta ampuuuun, hihihi…

  5. 5

    vickytp said,

    kan lu kerja din…hehe


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: