Agar Ayah Lebih Dekat dengan Anak

Anak, tentu saja merupakan tanggung jawab ayah maupun ibu. Namun sayang banyak ayah yang merasa bahwa dirinya tidak terlalu dibutuhkan oleh seorang anak. Kemudian mereka masa bodoh dengan segala urusan yang menyangkut perawatan dan pendidikan terhadap anak. Sedangkan bukti yang sebenarnya mengatakan bahwa seorang anak yang tumbuh dengan seorang ayah yang penuh perhatian akan lebih cepat perkembangannya jika dibandingkan dengan seorang anak yang tumbuh tanpa perhatian dan kasih sayang seorang ayah yang bertanggung jawab kepadanya.

Lalu bagaimana cara kita menyeimbangkan peran seorang ayah, agar nantinya tetap sukses mencari nafkah dan tak lupa untuk lebih memberikan perhatian kepada anak-anaknya?
1. PERHATIAN DIMASA KEHAMILAN DAN KELAHIRAN

Sikap dan prilaku sang ayah selama masa kehamilan istri akan sangat mempengaruhi kondisi psikhis sang ibu. Ayah yg bijaksana akan bisa memberikan perhatian yg lebih istimewa. Semua dilakukan demi memberikan perasan tenang dihati ibu, agar perkembangan janin tidak terganggu. Seorang ayah harus mampu memperlihatkan sikap turut memiliki sang janin.

Begitu pula disaat-saat menjelang kelahiran sang bayi, kehadiran seorang ayah akan sangat membantu ketenangan hati ibu. Bagi ayah sendiri, pengalaman menemani sang istri melahirkan akan dapat memberikan pengertian yg lebih sempurna tentang betapa beratnya tugas untuk hamil dan melahirkan.

Gendong, usap, belai, dan ajak bicara si kecil sejak dia lahir. Belajarlah cara mengganti popok, cara memandikan, memberi makan, dan luangkan waktu Anda di dalam kehidupan sehari-harinya. Pengalaman ini akan membentuk ikatan batin yang lebih erat antara ayah dengan bayi yang dilahirkan.

2. PORSI BERMAIN DENGAN ISTRI DAN ANAK

Bayi membutuhkan sentuhan tangan ibu untuk mengurusi berbagai keperluan hidupnya. Juga untuk berbicara lembut kepadanya. Semua ini membuat bayi merasa terlindungi dan aman berada didekat sang ibu. Sementara sang ayah berperan sebagai kawan bermain bagi bayi hingga masa kanak2 nanti. Mereka memerlukan kehadiran sang ayah untuk dapat menimbulkan perasaan senang dan gembira, untuk menumbuhkan insting bermain bagi mereka. Ayah yg bijaksana adalah mereka yg bisa memahami dunia anak2 sehingga tak segan untuk bertindak seperti anak2 pula didepan mereka.

3. PERKEMBANGAN MOTORIK

Fisik ayah yang kuat memungkinkan ayah untuk mampu memanggul maupun menggendong anak-anak diatas pundaknya. Ayah mampu pula berlari kencang, melompat-lompat, jungkir balik bahkan bergulung-gulung sekalipun. Dalam rangkaian permainan, gerakan-gerakan motorik seperti itu amat perlu bagi anak untik dapat mengembangkan kemampuan fisiknya. Apalagi bagi anak laki-laki. Cara yang terbaik untuk memperolehnya adalah dengan bermain bersama sang ayah.

4. FIGUR LAKI-LAKI dan PEREMPUAN

Adanya ayah dengan sendirinya akan dapat memberikan pengertian kepada anak bahwa didunianya telah terdiri/ ada dua figur yaitu ayah dan ibu. Seorang ayah mewakili dunia laki-laki yang nampak serba kuat, dan begitu pula sebaliknya dengan seorang ibu. Hal ini penting agar mereka pun bisa memposisikan diri dengan tepat dan pada saatnya yang dibutuhkan oleh keluarga dan masyarakat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: