Kram Perut Saat Hamil

Penulis : Wawancara Tabloid Ibu & Anak dengan Dr. Chairulsjah Sp.OG

Saat hamil terkadang muncul rasa keras dan kram disekitar daerah perut. Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil dan umumnya tidak membahayakan, meski demikian tak berarti boleh dibiarkan sampai menimbulkan rasa sakit berkepanjangan. Kalau intensitas dan kekerapananya tinggi sebaiknya segera periksakan ke dokter jangan tunggu sampai sakit.

Istilah kram perut sebenarnya tidak dikenal dalam medis, yang ada adalah kontraksi dalam kehamilan. Keadaan ini adalah wajar yang menandakan bahwa didalam rahim terdapat benda hidup lainnya. Kontraksi ini merupakan reaksi fisiologis dari rahim secara periodic karena rahim sedang berisi. Kontraksi mulai dirasakan sejak trisemester kedua kehamilan. Dan umumnya terjadi sesekali saja. Jika menimbulkan rasa sakit tetap harus diwaspadai karena kram yang berkelanjutan sampai sakit bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran premature.

Penyebab Kram
Rasa kram timbul disebabkan oleh gangguan asupan oksigen ke rahim sehingga terjadi kekurangan oksigen. Jika asupan oksigen tidak lancer, aliran darah pun menjadi tidak lancar. Inilah yang menimbulkan rasa sakit.

Sebenarnya janin dalam perut dilingkupi oleh ari-ari sehingga saat rahim berkontraksi darahpun terhambat alirannya ke dalam janin. Jika intensitas dan frekuensi kontraksi cukup tinggi cadangan oksigen ari-ari pun bisa berkurang atau bahkan habis.

Kontraksi dianggap normal ketika memasuki usia 37-40 minggu, yakni minggu-minggu mendekati kelahiran. Bila kram perut sering muncul diusia kehamilan kurang dari 20 minggu, di khawatirkan bisa menyebabkan keguguran. Setiap kehamilan punya resiko untuk itu, terutama ibu hamil dengan kelebihan berat badan maupun yang berat badannya sagat kurang. Kontraksi yang masih dianggap wajar adalah berlangsuang sesaat saja atau masih dalam hitungan 1-3 menit saja.

Ada cara mudah yang dianjurkan untuk mengurangi kram atau kontraksi yang berlangsung yaitu dengan menghentiakn segala kegiatan yang sedang dilakukan segera dan segeralah istirahat.

Gangguan asupan oksigen itu disebakan oleh berbagai factor yang salah satunya adalah aktifitas ibu hamil yang berlebihan, karena kegitan yang berlebihan dapat membuat daya serap oksigen lemah. Penyebab lain adalah asupan gizi ibu hamil yang kurang bagus, sehingga ibu kekurangan energi untuk mengantarkan darah dan oksigen ke rahim.

Terakhir yang menjadi penyebab adalah faktor emosi. Keadaan jiwa seseorang saat hamil sangat mempengaruhi keseluruhan proses kehamilan. Oleh karena itu stress dapat memicu gangguan asupan oksigen.

Bagaimana penanganannya
Dengan melakukan konsultasi dokter dan pemeriksaan CTG dan pemberian obat-obatan untuk melebarkan pembuluh darah, selain itu ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak aktifitas karena akan menimbulkan kelelahan dan ketegangan.

About these ads

22 Responses so far »

  1. 1

    inggin said,

    saya ibu muda yang baru menikah, sekarang usia kandungan saya lebih kurang 5 minggu. saya sekarang sering mengalami kram perut dan mengalami mual yang sangat mengganggu.
    apakah yang sebaiknya saya lakukan?
    makanan apa yang harus saya konsumsi & yang dilarang untuk menghilangkan rasa mual?
    apa penyebab rasa kram pada usia kandungan saya?
    apakah rasa kram itu berbahaya?

    terima kasih atas infonya

  2. 2

    anakuya said,

    mba inggin, sorry baru reply…

    disini ada tips oke buat mengatasi mual/morning sickness :
    http://www.infoibu.com/tipsinfosehat/mualmuntah.htm

    Buat guidance makanan yang boleh sama yang enggak sebenernya gampang. Pada dasarnya makanan apapun yang tergolong makanan sehat, sudah pasti boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, asal masih dalam batas yang wajar. Bila makanan tersebut berbahaya atau bisa menimbulkan kerugian bila dimakan saat dalam kondisi biasa, tentunya akan lebih berbahaya bila kita konsumsi dalam keadaan sedang hamil.

    Untuk masalah kram, ngutip artikel di atas.

    “Rasa kram timbul disebabkan oleh gangguan asupan oksigen ke rahim sehingga terjadi kekurangan oksigen. Jika asupan oksigen tidak lancer, aliran darah pun menjadi tidak lancar. Inilah yang menimbulkan rasa sakit.”

    Kalau kramnya sering terjadi ketika badan capek, mungkin ini tanda agar mbak inggin beristirahat. Hamil muda itu masa transisi yang emang kadang2 melelahkan. Pergantian hormon2 tubuh juga kadang2 bikin badan kita seperti gak fit dan gampang sakit. Jadi saran aku cuma banyak2 istirahat aja.

    Selama gak ada flek/darah yang keluar (bedain sama flek awal kehamilan) sepertinya gak masalah. Karna tanda2 keguguran byasanya keluar flek. Juga kalau gak disertai gejala lain, demam atau sakit yang sangat, sepertinya hanya masalah kecapekan. Kalau masih ragu, jangan tunda hubungin dsog, ya.

    Semoga kandungannya sehat selalu…
    Trims kunjungannya…

    Guys, ada yang mo share lagi masalah kram perut dan mual? Ditunggu sharenya ya…

  3. 3

    agungindrajit said,

    saya mau tanya buat istri saya nih.. urgent.
    kita skrg berdomisili di jerman. karena sudah telat 2 minggu, kemarin istri saya testpack hasilnya positif, trus tadi siang kita ke dsog. rahim istri saya dideteksi pakai transvaginal usg. hasilnya tidak nampak embryo dan tidak terdeteksi detak jantung.
    sehingga, dokter memutuskan untuk diperiksa lagi 4 hari lagi (senin 14 juli 08). berikutnya jika masih tidak nampak embryo+tidak terdengar detak jantung, mereka mengusulkan di-‘angkat’ janinnya.

    pertanyaan:
    – seberapa akuratnya sih transvaginal usg untuk kehamilan 5-7 minggu?
    – karena badan istri saya agak kecil (1,55m) seberapa akuratnya sih transvaginal usg body orang indonesia?
    – apa yg harus dilakukan, maunya sih ditunda 1 atau 2 minggu lagi?

  4. 4

    anakuya said,

    Mas agung indrajit,

    Sebenernya saya bingung ngejawabnya, soalnya gak punya pengalaman dan gak kompeten juga di bidangnya, tapi saya coba bantuin ya… Kalau ragu, ada baiknya tanyain ke orang yang lebih pengalaman.

    Ini saya ambil dari: http://www.hypno-birthing.web.id/?p=209.

    “Jika uji USG dilakukan pada minggu ke-6 atau ke-7 dan detak jantung tidak terdeteksi, apakah ini berarti ada masalah?

    Tidak, ini belum tentu ada masalah. Detak jantung dapat saja tidak terdeteksi untuk alasan seperti rahim menyempit, perut yang lebih besar, atau penanggalan yang tidak tepat dengan periode haid terakhir. Detak jantung dapat dideteksi paling baik dengan uji USG transvaginal di awal kehamilan. Biasanya kekhawatiran timbul jika tidak ada aktivitas jantung pada embrio dengan panjang crown-rump lebih panjang dari 5 mm. Selama uji USG pada minggu ke-6, dokter/bidan akan mulai khawatir jika tidak ada perkembangan kantung rahim,

    Seakurat bagaimana uji USG dalam menghitung usia perkembangan?

    Dokter/bidan Anda akan menggunakan kadar hormon dalam darah Anda, tanggal haid terakhir Anda, dan hasil uji USG untuk mendapatkan usia perkembangan perkiraan. Walaupun demikian, variasi siklus haid tiap wanita dan setiap kehamilan dapat mempengaruhi keakuratan dalam memperkirakan usia perkembangan yang pasti.”

    Saya tambahin dikit…

    Dari milis-milis yang sering saya baca, banyak kasus ibu hamil dengan hasil test pack positif namun janinnya tidak terdeteksi dengan USG abdominal (lewat perut). Biasanya dokter akan menjalankan prosedur USG transvaginal untuk memeriksa lebih akurat lagi. Jadi menurut saya USG transvaginal akurat untuk usia kehamilan 5-8 minggu.

    Saya belum bisa menemukan korelasi antara keakuratan USG transvaginal dengan ukuran tubuh. Tapi prosedur pemeriksaan USG transvaginal sudah termasuk umum di Indonesia. Jadi saya rasa ukuran tubuh tidak menjadi masalah.

    Mengenai ditunda atau tidak, saya sangat menyarankan mas agung untuk segera mencari second opinion dari dokter kandungan lain. Karena bila ternyata dokter anda benar, bahwa tidak nampak embrio/tidak terdengar detak jantung, penundaan bisa mengakibatkan pendarahan dan kuratase tetap harus dilakukan.

    Semoga bisa memberi sedikit pencerahan untuk masalahnya.
    Makasih dah mampir….

  5. 5

    deean81 said,

    dok,,mau nanya..
    saya baru aja merit..1 bulan.terakhir mens tgl 3 agust selesai 7 agust 08,sekarang saya blom juga menstrusi, udah coba beli test pack setiap 1 minggu tapi selalu saja negatif. tapi kalo menurut itungan saya, kayanya udah telat 1 minggu sic, dan ga biasanya selama ini. Menurut dokter, apa test pack saya salah ato emang saya belum hamil? karena saya pengen banget cepet hamil, apa sebaiknya saya nunggu 2 minggu dulu sampe ada perubahan atau sebaiknya secepatnya ke dokter kandungan?

  6. 6

    anakuya said,

    Wah, ada yang perlu dilurusin nih kayanya…

    Mba dian (bener gak?), ini blog benernya cuma ngumpulin artikel2 yang berguna aja yang tujuan utamanya buat referensi. Para penulis blog ini dijamin 100% bukan dokter… Hanya saja, karena ada yang bertanya, kita selalu berusaha menjawab berdasarkan pengalaman, pengetahuan yang dipunyai dan cari informasi dari tempat dan buku lainnya (siapa tau terjadi sama kita nantinya). Jadi ini murni share pengalaman dan pengetahuan, jangan di copy-paste mentah2, pliss…

    Buat ngejawab pertanyaan di atas…

    Uji kehamilan yang paling gampang adalah test pack. Akurasi test pack berkisar antara 95 – 99,5 persen. Biasanya sih, usia kehamilan 1 minggu sudah bisa terdeteksi dengan test pack. Yang perlu diperhatikan adalah pemakaian test pack itu sendiri apa sudah benar apa belum. Waktu paling baik melakukan test pack adalah pagi hari, dimana tingkat kepekatan urine masih tinggi.

    Idealnya, hasil test pack positif berarti anda hamil. Tapi tidak semua kasus terjadi demikian, ada hasil test pack yang menunjukkan positif, namun setelah diperiksakan ke dokter (USG) ternyata kehamilan tidak terdeteksi. Bila hal itu terjadi, dan usia kehamilan masih relatif sangat muda, biasanya dokter kandungan akan meminta pasien kembali datang dalam 2 minggu untuk dipastikan kehamilannya. Bila belum terdeteksi juga, kemungkinan akan diadakan pemeriksaan lanjutan seperti USG transvaginal.

    Tindakan yang paling bijak menurut saya adalah menunggu beberapa minggu, kemudian kembali melakukan test tersebut. Selama masa penantian itu, mulailah hidup sehat setiap hari. Di pasaran, sekarang tersedia susu khusus untuk ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan dan sedang hamil, bisa dicoba. Bila nanti hasilnya positif, Mba Dian gak usah khawatir karena menerima kabar baik tersebut agak terlambat. Tapi bila hasilnya negatif, Mba Dian bisa mulai mencoba untuk hamil lagi dengan kondisi tubuh yang lebih fit. Kondisi tubuh yang fit akan membuat kemungkinan terjadi kehamilan lebih besar.

    Semoga kabar baik segera menghampiri mbak dian.
    Thanks pertanyaannya…

  7. 7

    deean81 said,

    Thanks buat comment nya ya mbak ato mas, walaupun saya agak telat bukanya… lega rasanya pertanyaan saya dapet tanggapan…coz kmrn binggung mo nanya kemana…
    Ups, saya kira penulis dokter…hee, abis kayanya banyak ngerti soal ini itu c, jadi ya ga salah kan kalo salah2 nyebutnya?!so..sorry ya mbak ato mas!!
    Sayang sungguh sayang 2 hari abis nulis pertanyaan itu di blog ini ,malamnya saya dapet haid..sedih bukan main, apalagi suami..karena kita pasangan muda yg mesti jauhan tinggalnya, saya di jogja dan suami dikalimantan, mknya abis pulang dari tempat suami kmrin saya bner2 berharap bisa langsung hamil. Tapi rupanya Allah belum kasih kesempatan itu ke kami sekarang.
    Now, kita cuma berharap bulan depan pas suami pulang saya bisa dikasih kesempatan sama yg diatas untuk ngerasain indahnya jadi seorang ibu,,terlalu dini mungkin baru sebulan udah pengen cepet dapat momongan tapi, apa salahnya “memohon” supaya tali cinta ini bisa membahagiakan banyak pihak kan??!
    Thanks for comment nya ya,,semoga kabar baik secepatnya bisa saya share lagi di rubrik ini, Amin!!!

  8. 8

    akmasuatan said,

    Mba,
    2 hari lalu saya test kehamilan di poliklinik, baru telat haid 2 hari, dan hasilnya samar (garis merah samar), dan sekarang saya merasakan ada keram dan rasa kurang enak di bagian perut bawah, apa ini karena saya telat haid atau gimana? Apa yang saya harus lakukan..
    Terima kasih

  9. 9

    anakuya said,

    Mbak akmasuatan,

    Kalau belum haid juga, periksa lagi saja pakai test pack. Test pack itu kan mengukur ada tidaknya HCG dalam urine, jadi mungkin sewaktu pertama kali mbak periksa, HCGnya masih rendah. Jadi hanya terlihat samar.

    Kalau kram dan kurang enak di perut bawah bisa macam-macam penyebabnya. Sebagian wanita menderita kram perut bawah sebelum menstruasi. Atau terkadang penyebabnya hanya stress dan kondisi tubuh yang tidak fit. Kalau memang sangat menyakitkan dan mengganggu, cepat hubungi dokter.

    Thanks juga dah mampir…

  10. 10

    keyzia said,

    tgl 6 april saya haid (1 minggu) dan kemudian pada akhir april saya haid lagi sekitar tgl 20 april dan itu juga sama sepertihalnya haid saya yg pertama….
    sedangkan selama bulan mei ini saya belum mendapatkan haid lagi dan setelah saya tes dengan menggunakan tespeck ternyata hasil nya positif….disatu sisi saya seneng dan satu sisi juga sedih karna saya masih terikat kontrak dengan perusahaan smpe akhir thun ini untuk tidak hamil…saya dan suami bingung sekali krn suami saya kebetulan saat ini baru beberapa bulan terakhir berhenti bekerja..dan yg menjadi tulang punggung di keluarga adalah saya….saya belum sempet memeriksakan kondisi kandungan saya ke dokter…dan sebelum saya tau bahwa saya hamil, saya sering sekali mengkonsumsi kiranti dan jamu2 an karna pada saat itu saya merasakan pegel pd pinggang dan perut saya layak nya mau haid…dan bisa nya saya minum jamu /kiranti…akn tetapi setelah saya tau bhwa saya positif hamil, saya jd was-was krna tkut ada malsh dgn janin saya..

    saat ini saya dan suami bener2 bingung untuk tetap melanjutkan kehamilan atau saya harus keluar dri perusahaan mengingat saya masih terikat kontrak smpi akhir tahun dan suami saya yg sedang tidak bekerja saat ini???

    apa kondisi saya selama minum jamu dpat membahayakan janin didlm perut saya…krn saya sekarang sering merasakan sakit dan mual yg hebat sampi muntah dan perut saya terasa sakit??

    mohon informasi dan masukan nya
    thx

  11. 11

    anakuya said,

    Pertama-tama, selamat ya atas kehamilannya…

    Kedua, tidak ada alasan untuk tidak mempertahankan kehamilan kecuali jika janin memang membahayakan nyawa sang ibu… Saya mengerti kondisi mbak Keyzia, tentu berat melepaskan pekerjaan, apalagi bila pekerjaan itu adalah sumber utama keuangan keluarga. Saran saya adalah melakukan negosiasi dengan perusahaan tempat mbak bekerja. Mungkin perusahaan pada akhirnya akan memperbolehkan mbak tetap bekerja dengan beberapa syarat, misal tunjangan melahirkan ditanggung sendiri, atau masa cuti melahirkan hanya 1 bulan, atau selama cuti melahirkan gaji tidak dibayarkan perusahaan (unpaid leave). Untuk masalah ini saya berdoa semoga mbak Keyzia segera mendapatkan jalan yang terbaik. Tiap anak membawa rezekinya masing-masing, kok!

    Ketiga, konsumsi jamu di awal kehamilan, terutama jamu yang ditujukan untuk memperlancar haid bisa membahayakan janin (cacat atau kematian). Mual hebat dan muntah memang biasa terjadi di trimester pertama kehamilan. Tapi untuk amannya segera konsultasikan ke dokter.

    Tetap semangat ya, mbak!

  12. 13

    gessi said,

    hellow.. mohon pencerahannya donk, mungkin bisa bantu…
    usia kandungan saya (Insya Allah) baru 4minggu..
    namun lumayan sering kram (2-3 x sehari) dgn lamanya kira 15detikan aja :(
    tp cukup membuat saya khawatir, mgkin karena saya bekerja dgn intensitas yg lumayan sibuk.. kram nya seperti akan haid, tp tidak terlalu sakit seperti saat haid..
    adakah makanan tertentu yg bisa membantu asupan gizi atau asupan oksigen?
    mohon pencerahannya.. :D

    btw, blog nya bagus sekali, sangat membantu…

  13. 14

    anakuya said,

    Wah, maaf ya telat balesnya…
    Semoga pas baca udah gak kram2 lagi…
    Senang kalau blog ini bisa membantu…

    Yang perlu diingat, selama makanan itu baik dikonsumsi ketika kita sedang dalam keadaan sehat, baik juga dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang membantu asupan oksigen adalah asupan gizi yang baik, tidak perlu makan produk2 khusus untuk ibu hamil. Cukup perhatikan keseimbangan asupan makanan, 4 sehat 5 sempurna.

  14. 15

    grobyxs said,

    Assalamu’alaikum….

    Mohon pencerahannya ya….

    1. Haid terakhir istri saya adalah tgl 14 maret 2010. sudah hampir kurang lebih 1 minggu pada bulan ini, istri saya tidak mendapatkan haid. sabtu tgl 17 april 2010 saya suruh istri saya untuk menggunakan testpack n ternyata hasilnya positif, klo misalkan istri saya hamil… kira2 masa kehamilannya sdh brp minggukah.

    2. Hari minggu kemarin tgl 18 april 2010 tanpa adanya tanda2nya seperti badan lemas, perut nyeri atau sejenisnya… istri saya mendapatkan flek kcoklatan. itu didpatkan setelah istri saya selesai mencuci, kemudian sore n malam harinya flek itu tidak muncul kembali bahkan sampai hari ini (tgl 19 april 2010). apakah kelelahan serta aktifitas naik turun tangga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya flek… dan berbahayakah itu..???

    “Thank’s”

  15. 16

    halo mba.. apa kabar?? semoga baik ya mba..

    saya numpang mampir.. dan share masalah yang saya alami.. mohon informasinya yaa..

    pertama, saat ini saya merasakan nyeri perut seperti keram. rasanya seperti masuk angin. selain itu, saya tidak nafsu makan dan sering mual-mual. yang ingin saya tanyakan, apakah keram dan mual saya ini merupakan tanda hamil???

    kedua, dua minggu lalu saya melakukan hubungan, dan sampai sekarang saya belum haid. siklus haid saya tidak teratur, sehingga sulit menentukan tanggal berapa saya mens berikutnya. sehingga saya menyangka bahwa saya hanya sedang telat biasa, karena tanda-tanda yang timbul sama seperti haid biasa. sehingga, kemarin saya minum kiranti untuk melancarkan haid saya yang tidak teratur. saya mendengar bahwa kiranti berbahaya untuk ibu hamil, bahkan dapat mengugurkan kandungan. yang ingin saya tanyakan, jika memang benar saya hamil, apakah konsumsi kiranti kemarin2 dapat membahayakan kehamilan saya?? jika iya, apa yang harus saya lakukan??

  16. 17

    inggin said,

    oh ya mb…sorry banget aku dah lama banget ga buka blog ini lagi…karena dah sibuk ngurusin anak n suami…oh ya mb aku mo sharing lagi nih…
    sejak kelahiran anak ku tgl 26 januari 2009…yg sekarang genap berusia 2 tahun lebih.
    sudah mengikuti prosedur imunisasi yang disarankan pemerintah n dokter anak…yang saya herankan kenapa tidur malam anak saya ga bisa cepat ya…kebiasaan tidur malam ini dimulai sejak ia berumur 5 bulan, dan waktu tidurnya paling cepat jam 10 malam dan paling lambat kira2 jam 1 malam.

    pernah sih saya konsultasi ke dokter, kata dokter sih tidak apa-apa “ini anak nantinya pekerja keras” katanya…tapi saya khawatir dengan kebiasaan tidur malamnya ini…

    terima kasih atas infonya..

  17. 18

    Maya Pertiwi said,

    Hi mba, mohon pencerahannya.
    Saat ini alhamdulillah aku lg hamil anak kedua usia kandungan 3 bulan. 2 hari yang lalu aku muntah2 hebat seharian. Besok sorenya pas aku mau mandi aku ngerasain sakit banget di area perut tengah2ku, rasanya sperti keram. Di bawa jongkok n di pegang aja sakit banget. Itu kira2 kenapa ya mbak? apa pengaruh dari muntah2 aku kmaren yg gak berhenti2, jadi otot perutnya ketarik?? aku jadi khawatir sm si baby di dlm perutku, takut dia kenapa2 :( smpai saat ini rasa sakit itu masih aku rasain mbak :( mohon pencerahannya ya mbak, tq before :)

  18. 19

    Arya Gading said,

    dokter yang terhormat,,
    istri saya sudah telat 2minggu dan sudah di tes kehamilan hasilnya masih samar-samar.
    saat ini istri saya sering mengalami sakit perut bagian bawah,dan baru tadi mengeluarkan darah kira-kira apa penyebabnya dok?apakah akan mengalami haid atau apa?sebelumnya terimakasih.

  19. 20

    ass.
    numpang sharing mb, aq sekarang hamil usia 4 minggu kt dr. tanda kehamilan ku selain pemakaian tespsk yang positif, juga ngeflek mb, nah tapi pinggang aq juga perut aq keram, hsil usg dr.positif, yg jadi pertanyaan ini kan kehamilan ke 2 setelah pasca keguguran, apakah rasa kram itu normal atau ada efek lain nya…
    thanks ya mb buat opini na………

  20. 21

    Resma Amelia said,

    iya mba sma, aq jg lg hamil ke2 pasca kguguran, usia kndungan q 11 mnggu, 2 hr yg lalu kluar flek, trus sring kram prut, pko’a g enk gtu dech rasa’a… kta bidan sih hrus badrest gtu, tp te2p z prsaan gbsa d boongin klo rasa tkut tu trus da…
    aq msih cari2 info tntang smwa ini…
    bgi bunda2 yg pnya opini mksih yach…

  21. 22

    saya ibu muda yang tengah hamil 18 minggu mbak,,ini kehamilan pertama saya,,tetapi perut saya terasa kram dan sakit hingga ke panggul mbak,,,
    apa yang sebaiknya saya lakukan mbak???
    saya khawatir banget sama kandungan saya mbak,,,,
    mohon replay ya mbak,,,


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: